Syarat dan Ketentuan Penggunaan Platform

Selamat datang di Platform (sebagaimana didefinisikan di bawah) Tokoko, terima kasih Anda telah menggunakan maupun mengakses layanan melalui Platform Tokoko. Syarat dan ketentuan penggunaan Platform yang tertera pada halaman ini (“Syarat dan Ketentuan”) mengatur hal-hal terkait akses Anda terhadap atas Platform Tokoko dan penggunaan seluruh fitur di dalamnya (“Fitur”) yang dikembangkan oleh PT Buku Usaha Digital melalui Platform Tokoko, yang dapat diakses melalui tautan tokoko.id (“Tokoko” atau “Kami”).

Dengan melakukan akses pada Platform, Anda secara tegas dan tersurat menyatakan telah membaca, mengerti dan setuju untuk mengikatkan diri pada Syarat dan Ketentuan ini. Jika Anda tidak menyetujui Syarat dan Ketentuan ini, maka Anda tidak diperkenankan untuk mengakses Platform atau menggunakan Fitur. Syarat dan Ketentuan ini dapat dianggap sebagai perjanjian induk yang menjadi acuan untuk mengatur syarat dan ketentuan lainnya termasuk namun tidak terbatas pada kebijakan privasi atau ketentuan lainnya yang dapat dibuat oleh Kami dari waktu ke waktu, dan dengan mengikatkan diri pada Syarat dan Ketentuan ini, maka Anda menyatakan tunduk pada turunan dari Syarat dan Ketentuan ini. Ketidakberlakuan syarat dan ketentuan lainnya tidak akan menyebabkan Syarat dan Ketentuan ini menjadi tidak sah, tidak berlaku, dan/ atau tidak dapat dilaksanakan.

Dengan menyetujui Syarat dan Ketentuan ini, Anda dianggap cakap menurut hukum Indonesia dan hukum pada yurisdiksi yang berlaku untuk menyetujui Syarat dan Ketentuan ini. Jika Anda tidak cakap secara hukum (termasuk namun tidak terbatas pada orang yang belum dewasa, mereka yang berada di bawah pengampuan, atau perwakilan yang tidak sah) dan tidak didampingi oleh serta tidak memperoleh persetujuan dari orang yang dianggap cakap untuk melakukan perbuatan hukum pada saat mengakses Platform, maka Anda bertanggung jawab sepenuhnya atas segala hal yang Anda lakukan dalam Platform, termasuk namun tidak terbatas pada aktivitas yang Anda lakukan dengan pihak lain yang menggunakan Platform. Jika Anda bertindak sebagai karyawan, agen, atau penerima kuasa dan bertindak untuk dan atas nama individu lain, organisasi, badan usaha, badan hukum, maupun instansi lainnya, Anda dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa Anda merupakan pihak yang berwenang untuk mewakili pihak tersebut, yang mana Syarat dan Ketentuan ini akan mengikat pihak yang Anda wakili tersebut.

1. Definisi

1.1. Akun berarti sebagaimana didefinisikan dalam Pasal 3.1
1.2. Anda berarti setiap pengunjung dan/atau pengguna, yang mengakses dan/atau menggunakan Platform serta Fitur di dalamnya baik yang memiliki Akun maupun tidak memiliki Akun, termasuk Pemilik Toko Online dan Konsumen.
1.3. COD berarti sebagaimana didefinisikan dalam Pasal 3.1
1.4. Data Pribadi berarti setiap data yang menyangkut identitas, kontak, profil, tingkah laku dalam Platform dan data terkait dengan informasi pribadi Anda yang dapat diidentifikasi baik secara langsung maupun tidak langsung melalui sistem elektronik dan/atau nonelektronik.
1.5. Konsumen berarti individu, badan usaha, atau badan hukum yang melakukan pembelian atas Produk melalui Tautan Toko di Platform.
1.6. Fitur Buy Now Pay Later (BNPL) berarti sebagaimana didefinisikan dalam 9.1.
1.7. Fitur Pembayaran berarti sebagaimana didefinisikan dalam 7.1.
1.8. Hari Kerja berarti hari, selain hari Sabtu, Minggu, hari libur resmi nasional, dan hari lainnya yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia sebagai hari libur, dimana Bank beroperasi secara komersial.
1.9. Hukum Yang Berlaku berarti setiap hukum nasional, provinsi setempat, kotamadya atau hukum lainnya, peraturan instansi, putusan, konstitusi, keputusan, aturan, kebijakan pemerintah yang mengikat, dan statuta dalam negara Republik Indonesia.
1.10. Materi berarti sebagaimana didefinisikan dalam Pasal 14.1.
1.11. Materi Pemilik Toko Online berarti sebagaimana didefinisikan dalam Pasal 14.4.
1.12. Pemilik Toko Online berarti individu, badan usaha, atau badan hukum yang menjual dan menawarkan Produk melalui Tautan Toko Online yang terdaftar pada Platform.
1.13. Nilai Tagihan berarti sebagaimana didefinisikan dalam Pasal 7.3.
1.14. Pemesanan Produk berarti pemesanan Produk oleh Konsumen kepada Pemilik Toko Online.
1.15. Pihak Ketiga Terpilih berarti sebagaimana didefinisikan dalam Pasal 7.2.
1.16. Platform berarti situs dan aplikasi dalam bentuk web-app dan/ atau mobile, serta situs dan/ atau aplikasi lainnya milik Tokoko yang dapat diciptakan dan dikembangkan oleh Tokoko dari waktu ke waktu yang salah satu fungsinya untuk menghasilkan Tautan Toko dan sebagai sarana pendukung agar Tautan Toko dapat berfungsi secara optimal.
1.17. Produk berarti setiap benda yang disuplai, dijual dan ditawarkan oleh Pemilik Toko Online melalui Platform.
1.18. Tautan Toko Online berarti tautan khusus yang dihasilkan oleh Platform dan dapat disebarkan oleh Pemilik Toko Online dimana tautan tersebut merupakan akses menuju Toko Online.
1.19. Toko Online berarti suatu halaman yang tersedia pada Platform yang berfungsi sebagai katalog atas Produk yang dijual Pemilik Toko Online dan juga dapat berfungsi sebagai sarana bagi Pemilik Toko Online untuk menerima pemesanan atas Produk.
1.20. Transaksi berarti kegiatan jual beli yang dilakukan antara Pemilik Toko Online dan Konsumen melalui Platform.

2. Tentang Tokoko

2.1. Tokoko merupakan suatu aplikasi yang menciptakan, mengelola, dan mengembangkan Platform yang berfungsi sebagai e-catalog bagi Produk Pemilik Toko Online dan menyediakan sarana bagi Pemilik Toko Online untuk menerima pemesanan dan melakukan Transaksi atas Produk yang dipasarkan melalui e-catalog terkait.
2.2. Dalam hal ini, Tokoko hanya berperan untuk menyediakan sarana untuk menampilkan e-catalog Produk dan sarana bagi Pemilik Toko Online untuk menerima Pemesanan Produk, sehingga segala transaksi dan kerugian yang timbul akibat Transaksi dan pelaksanaan di lapangan merupakan tanggung jawab Konsumen dan Pemilik Toko Online sendiri, dan pihak Tokoko sama sekali tidak bertanggung jawab atas segala kerugian apapun yang timbul baik terhadap Pemilik Toko Online maupun Konsumen/Anda baik secara langsung maupun tidak langsung terjadi sehubungan dengan Transaksi apapun melalui Platform.
2.3. Perlu Anda pahami bahwa Kami dalam menyelenggarakan Platform tidak dalam keadaan apa pun dapat dianggap sebagai perwakilan atau kuasa maupun sebagai marketplace. Oleh karena itu, sebelum melakukan Pemesanan Produk atau menampilkan e-catalog, Anda disarankan membaca seluruh informasi yang tercantum pada Tautan Toko Online atas Produk yang akan Anda pilih atau pasarkan.
2.4. Kami berhak sewaktu-waktu mengubah, menghapus, mengurangi, menambah dan/atau memperbarui Fitur yang terdapat pada Platform. Pemakaian Anda yang berkelanjutan terhadap Platform akan dianggap sebagai persetujuan atas perubahan, penghapusan, pengurangan, penambahan dan/atau pembaruan Fitur.

3. Ketentuan Akun

3.1. Konsumen dapat mengakses Tautan Toko Online dan melakukan pemesanan atas Produk tanpa harus terlebih dahulu memiliki Akun pada sistem Kami. Namun, untuk menjadi Pemilik Toko Online Anda wajib atau melakukan hal-hal lain sebagaimana yang ditetapkan oleh Tokoko, Anda diharuskan untuk mendaftarkan diri pada sistem yang terdapat di Platform dengan membuat akun (“Akun”) terlebih dahulu. Tokoko tidak memungut biaya pendaftaran apapun untuk setiap pengguna Platform Tokoko.
3.2. Setiap Konsumen atau Pemilik Toko Online dengan ini menyatakan bahwa Anda adalah orang yang cakap secara hukum dan mampu untuk mengikatkan dirinya dalam sebuah perjanjian yang sah dan mengigat secara hukum.
3.3. Untuk membuat Akun, Pemilik Toko Online wajib melengkapi data-data yang diminta oleh Tokoko secara lengkap dan jujur di halaman Akun, Kami tidak bertanggung jawab atas akibat yang terjadi apabila terdapat informasi yang tidak benar, tidak akurat, maupun menyesatkan mengenai data-data yang Pemilik Toko Online cantumkan pada Akun yang menyebabkan kerugian pada pihak ketiga.
3.4. Dalam hal Akun Anda telah terdaftar di Platform, Anda tidak dapat melakukan pendaftaran Akun berikutnya dengan menggunakan data yang sama dengan Akun Anda yang telah terdaftar.
3.5. Anda dapat melakukan perubahan dan/atau penghapusan atas setiap informasi atau data pada Akun Anda sewaktu-waktu dengan tetap tunduk pada ketentuan dan prosedur yang ditetapkan oleh Tokoko. Untuk melakukan ini Anda dapat menghubungi Customer Support di aplikasi Tokoko. Anda bisa menghapus semua data.
3.6. Anda dilarang untuk melakukan pengalihan dan/atau menjual Akun Anda yang telah terdaftar ke pihak lain tanpa persetujuan secara tertulis dari Kami.
3.7. Kami dengan kewenangan Kami sendiri dapat melakukan penangguhan Akun dan/ atau penutupan Akun Anda yang akan mengakibatkan Anda tidak dapat mengakses Akun Anda untuk sementara waktu atau secara permanen atas dugaan pelanggaran Syarat dan Ketentuan dan/ atau Hukum Yang Berlaku tanpa pemberitahuan atau informasi terlebih dahulu kepada Anda. Setelah Kami melakukan penangguhan Akun dan/atau penutupan Akun, kami akan memberitahukan hal tersebut kepada Anda melalui e-mail beserta sebab penangguhan dan/atau penutupan Akun. Kami dapat mengembalikan Akun Anda ke keadaan semula apabila Anda telah memperbaiki kesalahan Anda dan Anda memahami bahwa seluruh kerugian yang diderita oleh Anda selama penangguhan Akun merupakan tanggung jawab Anda sepenuhnya.
3.8. Anda bertanggung jawab atas keamanan Akun serta kode verifikasi yang dikirim oleh sistem Kami atau sistem pihak ketiga yang Kami tunjuk untuk Anda. Maka dari itu, Anda dengan ini menyatakan bahwa Kami tidak bertanggung jawab atas kerugian ataupun kendala yang timbul atas penyalahgunaan Akun Anda yang diakibatkan oleh kelalaian atau kesalahan Anda. Apabila terdapat indikasi penyalahgunaan atas Akun Anda, Kami hanya dapat membantu Anda untuk memeriksa, menangguhkan, atau menghentikan akses Anda terhadap Akun setelah Anda memberitahukan kepada Kami mengenai hal tersebut melalui fitur kontak kami pada Platform atau sarana komunikasi lainnya yang Kami sediakan dari waktu ke waktu.

4. Produk Terlarang

4.1. Pemilik Toko Online dilarang untuk memasarkan Produk yang dilarang untuk di perjualbelikan berdasarkan Hukum Yang Berlaku dan ditentukan oleh Tokoko dari waktu ke waktu, barang-barang tersebut antara lain:
a. Segala bentuk tulisan yang dapat berpengaruh negatif terhadap Tokoko;
b. Segala jenis obat-obatan maupun zat-zat lain yang dilarang ataupun dibatasi peredarannya menurut ketentuan hukum yang berlaku, termasuk namun tidak terbatas pada ketentuan Undang-Undang Narkotika, Undang-Undang Psikotropika, dan Undang-Undang Kesehatan. Termasuk dalam ketentuan ini adalah Narkotika, obat keras, obat bius dan sejenisnya, serta obat-obatan yang tidak terdaftar di dinas kesehatan dan Badan Pengawas Obat dan Makanan ( “BPOM”), serta obat berlogo “K” (resep dokter);
c. Makanan, minuman, dan kosmetik yang membahayakan keselamatan penggunanya, ataupun yang tidak mempunyai izin edar dari BPOM;
d. Senjata api, kelengkapan senjata api, replika senjata api, airsoft gun, air gun, dan peluru atau sejenis peluru, senjata tajam, serta jenis senjata lainnya;
e. Barang yang berhubungan dengan namun tidak terbatas pada kepolisian, tentara ataupun instansi aparat negara lainnya;
f. Segala bentuk tulisan yang berpengaruh negatif melecehkan pihak/ras tertentu atau yang dapat menyinggung perasaan orang lain;
g. Barang dewasa penunjang kegiatan seksual termasuk namun tidak terbatas pada obat kuat, obat perangsang, alat bantu seks, pornografi, dan obat-obatan dewasa, kecuali untuk alat kesehatan (kontrasepsi) yang diizinkan untuk diperjualbelikan oleh peraturan hukum yang berlaku di Indonesia;
h. Barang yang merupakan hasil pelanggaran hak cipta, termasuk namun tidak terbatas dalam media berbentuk buku, CD/DVD/VCD, informasi dan/atau dokumen elektronik, software (perangkat lunak) bajakan serta media lain yang bertentangan dengan Undang-Undang Hak Cipta;
i. Produk telepon genggam/handphone baru yang tidak memiliki atau belum memperoleh izin teknis dari instansi yang berwenang. Pemilik toko online yang menjual produk telepon genggam/handphone baru di Tokoko wajib memastikan bahwa produk tersebut telah memiliki izin teknis dari instansi terkait sebagai syarat dapat diperjualbelikan di Indonesia. Pelapak yang menjual telepon genggam/handphone baru yang tidak memiliki atau belum memperoleh izin teknis dari instansi yang berwenang di Tokoko akan dikenakan sanksi yang berupa namun tidak terbatas pada pemblokiran dan/atau penghapusan barang dari Tokoko;
j. Jenis barang/Produk baru tertentu yang wajib memiliki SNI (Standar Nasional Indonesia), Petunjuk penggunaan dalam Bahasa Indonesia, atau Label dalam Bahasa Indonesia, namun barang/Produk yang diperjualbelikan tidak mencantumkan syarat-syarat tersebut;
k. Barang dengan hak distribusi eksklusif yang hanya dapat diperdagangkan dengan sistem penjualan langsung oleh penjual resmi dan/atau barang dengan sistem penjualan Multi Level Marketing;
l. Barang yang melanggar hak kekayaan intelektual pihak lain;
m. Barang yang dapat dan atau mudah meledak, menyala dan/atau terbakar sendiri;
n. Bagian organ manusia dan/atau perdagangan orang;
o. Mailing list;
p. Data dan/atau informasi pribadi;
q. Dokumen pemerintahan, perjalanan, dan/atau dokumen perbankan;
r. Cinderamata berbahan hewan yang dilindungi;
s. Barang terkait perjudian;
t. Mata uang yang masih berlaku;
u. Barang curian;
v. Barang mistis;
w. Segala jenis hewan peliharaan;
x. Pembuka kunci dan penunjang tindakan perampokan/pencurian;
y. Jasa, donasi, sewa menyewa, promo event, kecuali terdapat kerja sama resmi dengan Tokoko;
z. Bahan yang diklasifikasikan sebagai bahan berbahaya menurut Peraturan Menteri Perdagangan yang berlaku;
aa. Segala jenis barang yang bertentangan dengan peraturan pengiriman barang Indonesia.
bb. Segala jenis barang yang dilarang atau bertentangan dengan ketentuan platform distribusi aplikasi.
4.2. Dalam hal Kami menemukan Produk yang dipasarkan oleh Pemilik Toko Online merupakan produk yang dilarang untuk diperjualbelikan berdasarkan hukum yang berlaku atau merupakan produk terlarang yang disebutkan pada Pasal 4.1 diatas, Kami akan segera melaporkan hal tersebut kepada lembaga pemerintah yang berwenang untuk merima laporan terkait, dan Kami berhak untuk sewaktu-waktu menghapus konten terkait dan menangguhkan, membatasi atau menghentikan akses Pemilik Toko Online terhadap Akun.

5. Kebijakan Konten

5.1. Dalam menggunakan Platform dan ketika Anda bermaksud untuk mempublikasikan konten untuk Toko Online, Anda dilarang:
a. menggunakan dan menampilkan kata, komentar, gambar, atau konten dalam bentuk apa pun yang mengandung konten SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar Golongan), mencemarkan nama baik Kami, mengandung unsur diskriminatif terhadap pihak tertentu, mengandung ujaran kebencian, vulgar, bersifat ancaman, mengandung pornografi, atau konten lainnya yang melanggar norma serta Hukum Yang Berlaku;
b. menulis konten yang tidak tepat, tidak akurat dan mengandung informasi menyesatkan terkait Produk; dan
c. menampilkan konten yang melanggar hak kekayaan intelektual pihak ketiga.
5.2. Kami berhak untuk secara sewaktu-waktu menghapus, tidak menampilkan, atau meminta Anda untuk memperbaiki konten yang Anda unggah pada Toko Online jika Kami menemukan/ mendapatkan laporan dari Konsumen bahwa Anda melakukan larangan yang dimaksud pada Pasal 5.1 di atas baik sebagian atau seluruhnya, atau jika Anda tidak memenuhi kebijakan konten yang Kami tentukan.
5.3. Ketika Anda mengunggah atau memasukkan konten ke dalam Platform, Anda memberikan Kami hak non-eksklusif, tidak terbatas pada wilayah, secara terus-menerus, tidak dapat dibatalkan, bebas royalti untuk melaksanakan setiap dan semua hak cipta, publisitas, merek dagang, hak basis data dan hak kekayaan intelektual apapun yang Anda miliki dalam konten. Selanjutnya sepanjang diperbolehkan oleh Hukum Yang Berlaku, Anda dengan ini menyatakan untuk tidak menuntut hak ekonomi yang Anda miliki atas hak cipta dari konten tersebut terhadap Tokoko.

6. Pemesanan Produk

6.1. Melalui Tautan Toko Online, Konsumen dapat memilih Produk dan mengakses Toko Online yang berisi rincian informasi mengenai Produk yang ditawarkan oleh Pemilik Toko Online untuk kemudian melakukan Pemesanan Produk melalui Toko Online tersebut.
6.2. Pemesanan Produk akan secara langsung diteruskan kepada Pemilik Toko Online dan pemenuhan atas Produk yang telah dipesan Konsumen merupakan tanggung jawab Pemilik Toko Online sepenuhnya. Konsumen dengan ini membebaskan Kami dari setiap kerugian yang dialami Konsumen atau pihak mana pun yang timbul secara langsung atau tidak langsung akibat kelalaian Pemilik Toko Online dalam memenuhi kewajibannya dalam Transaksi.
6.3. Kami tidak menyediakan Fitur yang memfasilitasi Konsumen untuk berkomunikasi secara langsung (chatbox) dengan Pemilik Toko Online melalui Platform. Oleh karena itu, Konsumen dapat menghubungi Pemilik Toko Online secara langsung.
6.4. Setelah Konsumen melakukan Pemesanan Produk, Konsumen dapat meneruskan proses Pemesanan Produk ke tahap pembayaran dengan mekanisme pembayaran yang diatur pada Pasal 7 Syarat dan Ketentuan ini. Setelah pembayaran dilakukan, Pemilik Toko Online akan menerima notifikasi dan Pemilik Toko Online akan memberikan respon berupa konfirmasi untuk memroses Pemesanan Produk tersebut.
6.5. Dalam hal pembayaran telah dilakukan kemudian Pemilik Toko Online menginformasikan bahwa Produk yang dipesan tidak tersedia karena suatu hal, Pemilik Toko Online harus menyampaikan mengenai hal tersebut secara langsung kepada Konsumen dan Konsumen dapat mengajukan pengaduan sesuai dengan prosedur yang akan dijelaskan di bawah.
6.6. Pemilik Toko Online dengan ini memberikan kuasa yang tidak dapat dicabut kembali selama Pemilik Toko Online memiliki Akun, kepada Kami untuk menerbitkan bukti Transaksi atas Transaksi, tanapa ada kewajiban bagi Kami untuk melaksankannya.
6.7. Selama Transaksi berlangsung, Konsumen dapat memantau status Transaksi melalui Platform, yang terdiri dari; (i) Menunggu Pembayaran; (ii) Pesanan Diproses; (iii) Siap Diambil/Siap Diantar/Kirim Digital; atau (iv) Paket Sampai-Selesai.

7. Nilai Tagihan dan Mekanisme Pembayaran

7.1. Dalam Fitur pembayaran, Konsumen dapat memilih berbagai metode pembayaran sebagaimana disediakan oleh pihak ketiga, baik melalui e-wallet, virtual account, pembayaran di tempat menggunakan uang tunai/cash (“COD”), atau metode pembayaran lainnya (“Fitur Pembayaran”), sesuai dengan metode pengiriman yang dipilih olej Konsumen. Seluruh biaya yang timbul sehubungan dengan pembayaran merupakan tanggungan Konsumen sepenuhnya.
7.2. Dalam rangka menunjang Fitur pembayaran pada Platform, Kami bekerja sama dengan pihak ketiga terpilih untuk memproses pembayaran dari Konsumen kepada Pemilik Toko Online atas Transaksi (“Pihak Ketiga Terpilih”), dimana seluruh dana pembayaran dari Konsumen akan diterima oleh Pemilik Toko Online melalui Pihak Ketiga Terpilih tersebut. Pihak Ketiga Terpilih yang dimaksud diantaranya adalah penyedia layanan payment gateway yakni PT Sinar Digital Terdepan (Xendit) yang mana ketentuan penggunaan Xendit dapat Anda akses melalui https://www.xendit.co/en/.Pihak Ketiga Terpilih yang dimaksud diantaranya juga adalah ILUMA, OY, dan/atau pihak lain yang mana akan melakukan kerjasama dengan BukuWarung di masa depan
7.3. Setelah Konsumen selesai melakukan Pemesanan Produk, Konsumen diwajibkan untuk melakukan pembayaran atas seluruh nilai total tagihan yang tercantum dalam bukti Transaksi, yang terdiri atas namun tidak terbatas pada harga Produk, pajak sesuai dengan Hukum Yang Berlaku, biaya pengiriman Produk, dan biaya tambahan lainnya (apabila ada) (“Nilai Tagihan”). Setelah pembayaran dilakukan, Pemilik Toko Online akan menerima notifikasi dan Pemilik Toko Online wajib melaksanakan pengadaan Produk yang telah dipesan oleh Konsumen.
7.4. Dana yang telah dibayarkan oleh Konsumen akan ditampung untuk sementara dalam rekening Tokoko hingga terdapat konfirmasi bahwa Produk telah diterima oleh Konsumen dan tidak ada keluhan atau pengaduan yang diajukan oleh Konsumen.
7.5. Pencairan dana dari hasil penjualan Produk sebagai saldo Pemilik Toko Online akan dilakukan paling lambat 3 (tiga) Hari Kerja setelah Tokoko telah menerima konfirmasi dari penjual dan Konsumen bahwa barang telah dikirimkan dan diterima oleh Konsumen dan tidak ada keluhan atau complaint yang diajukan oleh Konsumen. Pemilik Toko Online kemudian dapat mencairkan atau menarik saldo tersebut.
7.6. Apabila Konsumen memilih untuk melakukan pembayaran dengan cara COD, maka pembayaran tersebut tidak difasilitasi melalui Platform dan pelaksanaan pembayaran merupakan tanggung jawab Konsumen dan Pemilik Toko Online sepenuhnya.
7.7. Apabila terdapat keluhan atau pengaduan yang diajukan oleh Konsumen, maka dana tersebut akan dikembalikan kepada Konsumen oleh pihak Tokoko hanya jika pembeli belum mengkonfirmasi pesanan atau belum lewat 72 jam. Dan metode pembayaran adalah melalui fitur transfer yang disediakan Tokoko.
7.8. Konsumen dan Pemilik Toko Online dengan ini melepaskan Kami dari tanggung jawab apa pun termasuk penggantian biaya dan ganti rugi terkait pemrosesan pembayaran, keandalan sistem pembayaran yang diselenggarakan oleh Pihak Ketiga Terpilih, atau pengembalian dana dalam hal terdapat pembatalan atas Transaksi.

8. Pengiriman Produk

8.1. Pemilik Toko Online wajib segera melakukan pengiriman Produk setelah Konsumen melunasi Nilai Tagihan, sesuai dengan alamat dan rincian data Konsumen. Khusus untuk Pemesanan Produk dengan metode pembayaran dan pengiriman COD, Pemilik Toko Online wajib mengirimkan secara sendiri atau melalui perwakilannya yang sah untuk melakukan penyerahan barang dan menerima dana pembayaran Produk.
8.2. Dalam rangka memfasilitasi pengiriman Produk, Kami bekerja sama dengan penyedia layanan pengiriman. Setiap pengiriman akan dikenakan biaya jasa pengiriman sesuai dengan biaya yang ditentukan masing-masing penyedia layanan pengiriman, dimana biaya tersebut akan dibebankan kepada Konsumen.
8.3. Konsumen juga dapat melakukan self-pick up at store (mengambil Produk secara mandiri ke lokasi Pemilik Toko Online).
8.4. Untuk pembelian Produk dalam bentuk tidak berwujud seperti pulsa, voucher, perangkat lunak, akan dikirim secara digital oleh Pemilik Toko Online.
8.5. Konsumen memahami bahwa jangka waktu pengiriman yang tertera pada Platform hanya bersifat sebagai estimasi, jangka waktu pengiriman atas Produk yang senyatanya adalah sebagaimana yang dilakukan oleh kurir atau jasa pengiriman yang dipilih oleh Konsumen pada saat melakukan Pemesanan Produk. Konsumen dengan ini melepaskan Kami dari tanggung jawab dalam bentuk apa pun, atas keterlambatan pengiriman Produk atau kerusakan atas Produk selama proses pengemasan dan pengiriman karena sebab apa pun.
8.6. Konsumen memahami bahwa Platform yang tersedia berfungsi sebagai sarana untuk penerimaan Pemesanan Produk oleh Pemilik Toko Online, dan pengiriman atas Produk merupakan kewajiban dan tanggung jawab Pemilik Toko Online sepenuhnya. Dengan ini Konsumen membebaskan Kami dari setiap kerugian yang dialami Konsumen atau pihak mana pun alami akibat kelalaian Pemilik Toko Online dalam melakukan pengiriman secara tepat waktu atau sesuai dengan alamat dan rincian data Konsumen.

9. Fitur Buy Now Pay Later (BNPL)

9.1. BNPL adalah alternatif metode pembayaran untuk pelanggan terpilih. Anda sebagai penerima fasilitas BNPL dapat menggunakan Fitur BNPL untuk melakukan pembayaran kepada supplier di waktu yang telah ditentukan di masa depan setelah menerima fasilitas pembayaran terlebih dahulu pada saat pengajuan fasilitas diterima untuk melakukan pembayaran pada saat itu juga.
9.2. Dalam menjalankan Fitur BNPL, Tokoko akan bekerjasama dengan Pihak Ketiga Terpilih lainnya, yaitu PT Bank Sahabat Sampoerna (“BSS”) yang akan menyediakan suatu fasilitas pinjaman modal kerja kepada pengguna yang diajukan melalui Platform.
9.3. Penerima fasilitas BNPL akan menandatangi syarat dan ketentuan pemberian Fasilitas PMK sebagaimana tercantum dalam dokumen Syarat dan Ketentuan Umum Fasilitas PMK milik BSS, yang mengatur mengenai hak-hak dan kewajiban para pihak yang terlibat, termasuk denda keterlambatan dan hal-hal lainnya yang akan mengikat penerima fasilitas BNPL.
9.4. Tokoko tidak akan bertanggung jawab untuk setiap klaim atau tuntutan, termasuk biaya hukum yang wajar, yang diajukan oleh pihak ketiga yang timbul baik secara langsung atau tidak langsung akibat pelanggaran Syarat dan Ketentuan tersebut Anda, penggunaan Fitur BNPL, dan pelanggaran atas hak-hak pihak ketiga yang dilakukan oleh Anda.

10. Pengaduan, Penukaran dan/atau Pengembalian Produk/Dana

10.1. Konsumen dan Pemilik Toko Online memahami bahwa setiap Transaksi merupakan tanggung jawab antara Konsumen dan Pemilik Toko Online seluruhnya. Oleh karena itu setiap perselisihan dan pengaduan atas Transaksi dapat disampaikan kepada Pemilik Toko Online atau Konsumen melalui sarana komunikasi yang digunakan oleh Pemilik Toko Online dan Konsumen gunakan dalam melakukan konfirmasi untuk melakukan Transaksi. Tokoko hanya bertanggung jawab untuk mengembalikan dana Konsumen apabila terdapat pengaduan dari Konsumen sehubungan dengan Produk.
10.2. Konsumen dapat mengajukan permohonan agar Produk dapat diganti dengan Produk baru, dengan ketentuan bahwa Konsumen mengembalikan Produk yang dikirim untuk pertama kali, kepada Pemilik Toko Online dengan mengisi Form Pengaduan yang terdapat dalam Platform.
10.3. Konsumen juga dapat mengajukan permohonan agar dana yang sudah dibayarkan oleh Konsumen agar dikembalikan kepada Konsumendengan mengisi Form Pengaduan yang terdapat dalam Platform.
10.4. Alasan-alasan untuk mengajukan penggantian Produk dan/atau pengembalian dana termasuk tetapi tidak terbatas pada; (i) Produk tidak sesuai dengan yang dipesan; (ii) Produk tidak lengkap/kurang; (iii) Produk yang diterima rusak; (iv) Pemilik Toko Online tidak merespon; dan/atau (v) Konsumen tidak dapat melacak pesanan.

11. Sanksi

Kami memiliki kewenangan untuk mengambil tindakan yang dianggap perlu terhadap akun pengguna, termasuk akun yang diduga dan/atau terindikasi melakukan penyalahgunaan, memanipulasi, dan/atau melanggar Syarat dan Ketentuan ini,, mulai dari melakukan moderasi, menghentikan layanan “Jual Barang”, membatasi jumlah pembuatan akun, membatasi atau mengakhiri hak setiap pengguna untuk menggunakan layanan, maupun menutup akun tersebut tanpa memberikan pemberitahuan atau informasi terlebih dahulu kepada pemilik akun yang bersangkutan.

Sanksi Umum
a. pemblokiran akun;
b. pelaporan kepada pihak yang berwajib.

12. Data Pribadi Anda

Kami akan selalu menjaga data pribadi Anda dengan mengacu pada Syarat dan Ketentuan ini dan Hukum Yang Berlaku. Ketentuan lebih lanjut mengenai keamanan data pribadi Anda dapat diakses melalui Kebijakan Privasi Kami yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Syarat dan Ketentuan ini.

13. Jangka Waktu dan Pembatasan Hak Akses

13.1. Syarat dan Ketentuan ini akan berlaku untuk waktu tidak tertentu dan tetap mengikat Anda selama Anda menggunakan Platform hingga berakhir karena alasan-alasan yang ditentukan dalam Syarat dan Ketentuan.
13.2. Kami dengan kewenangan Kami sendiri dapat sewaktu-waktu memberhentikan sementara, membatasi atau mengakhiri akses Anda terhadap Platform, Fitur, dan/ atau Akun Anda baik untuk sementara atau permanen tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Anda dan tanpa melanggar ketentuan Hukum Yang Berlaku, selama untuk alasan:
a. pelanggaran yang Anda lakukan terhadap seluruh maupun sebagian dari Syarat dan Ketentuan ini atau tidak terpenuhinya kewajiban Anda terhadap Kami;
b. pelanggaran hukum yang Anda lakukan yang dapat merugikan Kami secara langsung atau tidak langsung.
13.3. Kami akan memberikan notifikasi kepada Anda maksimal 7 (tujuh) Hari Kerja setelah Kami melakukan pemberhentian sementara, pembatasan atau pengakhiran atas akses Anda terhadap Platform, Fitur, dan/atau Akun Anda.
13.4. Pemberhentian sementara, pembatasan atau pengakhiran atas akses Anda terhadap Platform, Fitur, dan/ atau Akun Anda untuk sementara atau permanen tidak membatasi Kami untuk menuntut ganti kerugian, melaporkan kepada pihak berwenang, dan/ atau mengambil tindakan lain yang Kami anggap perlu untuk melindungi kepentingan Tokoko.

14. Hak Kekayaan Intelektual

14.1. Platform, Fitur, nama, nama dagang, logo, nuansa, tampilan, tulisan, gambar, video, konten, kode pemrograman, layanan dan materi lainnya yang disediakan oleh Kami (“Materi”) dilindungi oleh hak kekayaan intelektual berdasarkan Hukum Yang Berlaku. Seluruh hak, kepemilikan dan kepentingan dalam Materi adalah milik Kami seluruhnya dan Kami memberikan Anda lisensi non-eksklusif yang terbatas, tidak dapat dijual dan tidak dapat dialihkan yang mana dapat dicabut atau ditarik kembali atas kewenangan Kami sendiri. Anda dengan ini memahami bahwa Anda tidak akan memiliki hak, kepemilikan atau kepentingan terhadap Materi kecuali ditentukan lain oleh Syarat dan Ketentuan ini.
14.2. Anda dilarang untuk menyalin, mengubah, mencetak, mengadaptasi, menerjemahkan, menciptakan karya tiruan dari, mendistribusikan, memberi lisensi, menjual, memindahkan, menggandakan, mengirimkan, membuat karya turunan dari Materi, atau mengeksploitasi bagian mana pun dari Platform Kami.
14.3. Jika Kami menemukan adanya indikasi/ dugaan pelanggaran Syarat dan Ketentuan ini khususnya perihal hak kekayaan intelektual, Kami berhak untuk melakukan investigasi lebih lanjut, mengakhiri akses Anda terhadap Platform beserta Fitur di dalamnya, serta melakukan upaya hukum lainnya untuk menindaklanjuti indikasi/ dugaan pelanggaran tersebut.
14.4. Selain Materi milik Kami, Kami dapat menampilkan logo, merek dagang, maupun konten lainnya milik Pemilik Toko Online yang dilindungi hak kekayaan intelektual (“Materi Pemilik Toko Online”). Penggunaan, modifikasi, penggandaan, distribusi, atau pembuatan karya turunan atas Materi Pemilik Toko Online yang dilakukan oleh Anda tanpa persetujuan dari Pemilik Toko Online merupakan pelanggaran terhadap hak Pemilik Toko Online dan Anda dengan ini bertanggung jawab atas perbuatan yang Anda lakukan terhadap Materi Pemilik Toko Online.

15. Larangan

15.1. Anda hanya dapat mengakses Platform dan menggunakan Fitur tanpa melanggar Hukum Yang Berlaku atau hak siapa pun. Pada saat mengakses Platform dan/atau menggunakan Fitur, Anda dilarang untuk:
a. dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum melakukan intersepsi atau penyadapan atas transmisi informasi elektronik dan/ atau dokumen elektronik atau informasi elektronik dan/atau dokumen elektronik milik pengguna lain, Pemilik Toko Online lain, atau Kami;
b. dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum dengan cara apa pun mengubah, menambah, mengurangi, melakukan transmisi, merusak, menghilangkan, memindahkan atau menyembunyikan suatu informasi elektronik dan/atau dokumen elektronik yang tertera pada Platform baik yang bersifat pribadi atau publik;
c. dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum melakukan tindakan apa pun yang berakibat terganggunya akses pengguna lain ke Platform;
d. dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum melakukan sub-lisensi, memproduksi, menjual, mengadakan untuk digunakan oleh pihak lain, mendistribusikan, menyediakan atau mengakui kepemilikan Platform, Fitur atau hak kekayaan intelektual lainnya milik Kami;
e. dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum melakukan manipulasi, perubahan, penghilangan, pengrusakan sebagian atau seluruh Platform;
f. memanfaatkan Platform dan/ atau Fitur untuk melakukan transaksi yang mengandung unsur penipuan atau melanggar hak pihak ketiga serta melanggar ketentuan Hukum Yang Berlaku;
g. menggunakan program atau melakukan sesuatu yang dapat mengakses, mencari atau mendapatkan informasi yang bukan merupakan hak Anda dari Platform;
h. mengganggu keberlangsungan atau merusak server atau jaringan yang terhubung dengan Platform atau mengabaikan standar prosedur, aturan atau Hukum Yang Berlaku terhadap koneksi Internet;
i. mencoba mengakses bagian dari Platform yang Anda tidak mempunyai hak untuk melakukan akses terhadapnya;
j. melakukan tindakan plagiarisme atau melakukan publikasi atas konten atau Materi yang ditampilkan pada Platform tanpa izin dari Kami atau pihak ketiga terkait ataupun tanpa mencantumkan identitas Kami atau pihak ketiga terkait sebagai pemegang hak cipta atas konten atau Materi;
k. melakukan atau berusaha melakukan reverse engineer, dekompilasi, pembongkaran terhadap kode pemrograman atau algoritma atau struktur yang terdapat di dalam Platform; dan/ atau
l. melakukan, menyuruh, turut serta, memberi bantuan atau memberi kesempatan melakukan aktivitas yang melanggar hukum, melanggar Syarat dan Ketentuan ini, melanggar hak pihak ketiga, atau beriktikad buruk selama mengakses Platform.
15.2. Kami memiliki hak untuk menuntut ganti rugi, menggugat secara perdata maupun melakukan proses hukum secara pidana atas seluruh perbuatan yang dilarang sebagaimana dimaksud dalam Pasal ini maupun Syarat dan Ketentuan ini secara keseluruhan.

16. Akses ke Konten Pihak Ketiga

16.1. Platform dapat memuat konten milik pihak ketiga atau tautan ke situs pihak ketiga, yang disediakan sebagai informasi bagi Anda. Kami telah memiliki izin atau lisensi yang diperlukan sehubungan dengan tersedianya konten atau tautan ke situs pihak ketiga yang terdapat di Platform.
16.2. Kami hanya bertanggung jawab terhadap segala konten yang Kami miliki. Kami tidak menjamin setiap konten yang disediakan oleh pihak ketiga di Platform adalah konten yang berkualitas, akurat, dapat dipercaya, atau bebas dari pelanggaran hukum.
16.3. Kami tidak dapat melakukan kontrol, mendukung atau memonitor isi dari situs pihak ketiga dan tidak akan bertanggung jawab terhadap kesalahan atau kelalaian pihak ketiga, dan Anda bertanggung jawab terhadap diri Anda sendiri atas akses Anda ke dalam situs tersebut. Syarat dan Ketentuan ini tidak mencakup akses Anda ke dalam situs pihak ketiga tersebut.

17. Pembatasan Tanggung Jawab dan Ganti Rugi

17.1. Dengan mengakses dan menggunakan Platform beserta Fitur di dalamnya, Anda memahami bahwa Pemilik Toko Online yang ditampilkan maupun informasi yang terdapat pada Tautan Toko tidak selalu sesuai dengan ekspektasi Anda dan Kami menolak untuk menjamin bahwa Anda pasti menemukan jenis Produk yang sesuai dengan kriteria yang Anda harapkan serta tidak dalam keadaan apa pun dapat diartikan sebagai sebuah rekomendasi dari Kami kepada Anda.
17.2. Kami selalu berupaya untuk menjaga Platform Kami aman, nyaman, dan berfungsi dengan baik. Namun, Kami tidak dapat menjamin bahwa Platform ini akan beroperasi secara terus-menerus atau akses ke Platform Kami dapat selalu sempurna.
17.3. Tokoko dalam hal ini hanya menyediakan wadah berupa situs atau aplikasi untuk membantu penjual dan pembeli dalam bertransaksi. Segala bentuk pembayaran baik itu transfer uang maupun COD secara langsung dilakukan oleh penjual dan pembeli di luar platform Tokoko. Untuk itu kami tidak bertanggungjawab jika ada bentuk penipuan atau kecurangan dalam kegiatan jual beli
17.4. ANDA DENGAN INI SETUJU BAHWA KAMI TIDAK AKAN BERTANGGUNG JAWAB ATAS RISIKO PENIPUAN YANG DILAKUKAN OLEH PIHAK LAIN DI DALAM PLATFORM DIKARENAKAN HAL TERSEBUT MERUPAKAN HAL YANG BERADA DILUAR KENDALI KAMI;
17.5. ANDA MEMILIKI KEWAJIBAN UNTUK MELAKUKAN VERIFIKASI TERHADAP KEBENARAN IDENTITAS PENGGUNA LAIN DENGAN MENERAPKAN PRINSIP KEHATI-HATIAN DALAM MELAKUKAN TRANSAKSI APAPUN DIKARENAKAN KAMI TIDAK AKAN BERTANGGUNG JAWAB ATAS RISIKO PENIPUAN APAPUN YANG TERJADI MENGGUNAKAN PLATFORM KAMI. APABILA ANDA MEMILIKI KECURIGAAN ATAU KERAGU-RAGUAN BAHWA AKUN TERSEBUT BUKANLAH AKUN ASLI DAN MERASA BAHWA TERDAPAT INDIKASI PENIPUAN, MAKA KAMI DENGAN TEGAS MENYARANKAN ANDA UNTUK TIDAK MELANJUTKAN TRANSAKSI TERSEBUT UNTUK TERHINDAR DARI KONSEKUENSI YANG TIDAK DIINGINKAN;
17.6. ANDA DENGAN INI SETUJU BAHWA ANDA MEMANFAATKAN SITUS KAMI ATAS RISIKO ANDA SENDIRI, DAN SITUS DIBERIKAN KEPADA ANDA PADA “SEBAGAIMANA ADANYA” DAN “SEBAGAIMANA TERSEDIA”, SERTA TIDAK DAPAT DIUBAH, DIMODIFIKASI, ATAU DISESUAIKAN DENGAN PERMINTAAN KHUSUS DARI ANDA.
17.7. KAMI MENOLAK UNTUK MENJAMIN BAHWA SITUS BESERTA FITUR AKAN BEROPERASI TANPA TERGANGGU ATAU BAHWA SITUS DAN FITUR TERSEBUT AKAN BEBAS DARI CACAT RINGAN ATAU KESALAHAN YANG TIDAK MEMPENGARUHI KINERJA TERSEBUT SECARA MATERIIL, ATAU BAHWA SEGALA FITUR YANG TERDAPAT PADA SITUS DIRANCANG UNTUK MEMENUHI SEMUA KEBUTUHAN ANDA.
17.8. Kami menolak untuk menjamin bahwa seluruh layanan yang disediakan oleh Kami, termasuk Platform serta Fitur di dalamnya akan selalu dapat tersedia dan dapat digunakan secara optimal di negara lain selain Indonesia. Jika Anda menggunakan Platform, dan/ atau Fitur dari yurisdiksi selain Indonesia atau jika Anda merupakan warga negara asing, Anda bertanggung jawab sepenuhnya atas penggunaan termasuk pada pembatasan penggunaan sesuai dengan hukum yang berlaku di yurisdiksi tersebut dan yurisdiksi Anda sebagai individu.
17.9. Segala kerusakan yang terjadi pada jaringan komputer, telepon seluler, aplikasi, atau perangkat lainnya milik Anda akibat penggunaan Platform merupakan tanggung jawab Anda sepenuhnya, sepanjang diizinkan oleh Hukum Yang Berlaku.
17.10. Konsumen dengan ini menyatakan bahwa setiap informasi yang Konsumen berikan sehubungan dengan Pemesanan Produk adalah benar adanya dan faktual.
17.11. Sepanjang diizinkan Hukum Yang Berlaku, Kami dengan ini tidak bertanggung jawab dan Anda setuju untuk tidak mengajukan klaim kepada Kami atas segala akibat, kerugian, dan/atau kerusakan yang terjadi akibat namun tidak terbatas pada:
a. informasi atau konten yang dituliskan oleh Pemilik Toko Online atau pengguna lainnya sepanjang Kami telah melakukan kurasi dan pemeriksaan secara berkala terhadap informasi atau konten tersebut sesuai dengan ketentuan Hukum Yang Berlaku;
b. kelalaian atau kesalahan yang Anda lakukan selama mengakses dan/atau menggunakan Platform dan/atau Fitur termasuk kelalaian Anda dalam menjaga keamanan Akun;
c. pelanggaran hak atas kekayaan intelektual pihak ketiga oleh Anda;
d. kualitas Produk yang dipasarkan atau ditawarkan oleh Pemilik Toko Online;
e. pengiriman Produk oleh Pemilik Toko Online;
f. penipuan yang dilakukan oleh Pemilik Toko Online;
g. kebijakan yang ditentukan oleh Pemilik Toko Online atas Produk yang ditawarkan, termasuk namun tidak terbatas pada program potongan harga, paket pembelian bundling maupun kebijakan lainnya;
h. pembatalan Pemesanan Produk;
i. gangguan, bug, ketidakakuratan serta kecacatan yang ada pada Platform sepanjang Kami telah melaksanakan upaya wajar yang diperlukan untuk memperbaiki Platform;
j. kerusakan jaringan komputer, telepon seluler, atau perangkat elektronik Anda akibat penggunaan Platform;
k. virus ataupun hal berbahaya lainnya yang diperoleh dengan mengakses Platform dan/ atau Fitur; dan
l. peretasan yang dilakukan pihak ketiga kepada Akun Anda selama Kami telah melaksanakan prosedur keamanan yang wajar terhadap Platform dan/ atau Fitur.
17.12. Apabila terdapat perselisihan yang timbul antara Anda dengan Pemilik Toko Online atau pihak ketiga manapun (termasuk konsumen dari Pemilik Toko Online) yang timbul sehubungan dengan Transaksi atau penggunaan Platform, Anda dengan ini setuju untuk melepaskan Kami termasuk afiliasi Kami dari klaim dan tuntutan atas kerusakan dan kerugian (aktual dan tersirat).
17.13. Anda dengan ini setuju bahwa akan melepaskan Kami dan afiliasi Kami dari tuntutan ganti rugi dan menjaga Kami termasuk afiliasi Kami dari setiap klaim atau tuntutan, termasuk biaya hukum yang wajar, yang diajukan oleh pihak ketiga yang timbul baik secara langsung atau tidak langsung akibat pelanggaran Syarat dan Ketentuan ini oleh Anda, penggunaan Platform Kami yang tidak semestinya dan/atau pelanggaran Anda terhadap Hukum Yang Berlaku atau pelanggaran atas hak-hak pihak ketiga yang dilakukan oleh Anda.
17.14. Untuk kepentingan Pasal ini, afiliasi berarti (i) dalam kaitannya dengan badan hukum: pihak lain yang, secara langsung atau tidak langsung mengontrol, berada di bawah kontrol bersama dengan atau dikontrol secara langsung atau tidak langsung oleh Tokoko, atau (ii) dalam kaitannya dengan individu, siapa pun yang mempunyai hubungan kerja atau bertindak sebagai wakil atau kuasa dari Tokoko.

18. Penyelesaian Perselisihan

18.1. Seluruh perselisihan yang muncul antara Anda dan Kami sehubungan dengan pelaksanaan Syarat dan Ketentuan ini diselesaikan secara musyawarah dan mufakat, dengan jangka waktu 30 (tiga puluh) Hari Kerja sejak perselisihan tersebut diinformasikan kepada Kami.
18.2. Sebelum menghubungi Kami secara langsung untuk melakukan perundingan penyelesaian masalah atau sengketa, Anda setuju untuk tidak mengumumkan, membuat tulisan-tulisan di media online maupun cetak terkait permasalahan tersebut yang dapat menyudutkan Tokoko.
18.3. Apabila tidak tercapai kesepakatan dari musyawarah dan mufakat, maka gugatan secara perdata dapat diajukan kepada pengadilan negeri yang berwenang sesuai dengan ketentuan Hukum Yang Berlaku.
18.4. Selama perselisihan dalam proses penyelesaian, Anda wajib untuk tetap mematuhi serta melaksanakan kewajiban-kewajiban yang Anda harus penuhi menurut Syarat dan Ketentuan ini.

19. Lain-lain

19.1. Konsumen dan Pemilik Toko Online dengan menggunakan Platform sepakat untuk mengesampingkan ketentuan 1266 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata selama memiliki makna bahwa atas pembatalan Pemesanan Produk atau Transaksi, memerlukan penetapan atau keputusan dari pengadilan.
19.2. Syarat dan Ketentuan ini dibuat, dilaksanakan, tunduk dan ditafsirkan berdasarkan ketentuan hukum Republik Indonesia.
19.3. Syarat dan Ketentuan ini mencakup ketentuan akses atas Platform yang berlaku sebagai perjanjian yang sah antara Tokoko dan Anda. Anda tidak dapat mengalihkan hak dan kewajiban Anda dalam Syarat dan Ketentuan ini kepada pihak ketiga mana pun.
19.4. Kami selalu berusaha untuk memberikan layanan yang terbaik untuk Anda dalam mengakses Platform Kami sehingga Kami berhak untuk melakukan perubahan terhadap Syarat dan Ketentuan ini guna menyesuaikan dengan perkembangan bisnis dan ketentuan Hukum Yang Berlaku. Perubahan terhadap Syarat dan Ketentuan ini dari waktu ke waktu akan diunggah ke Platform agar Anda dapat membaca perubahan dari Syarat dan Ketentuan ini. Dengan tetap mengakses dan menggunakan Platform, Anda menyatakan telah membaca, mengerti dan setuju untuk mengikatkan diri pada perubahan Syarat dan Ketentuan ini.
19.5. Apabila terdapat ketentuan atau bagian dari Syarat dan Ketentuan ini yang menjadi tidak sah, tidak dapat diterapkan atau menjadi tidak berlaku, maka Kami akan menyesuaikan ketentuan tersebut agar dapat dilaksanakan sesuai Hukum Yang Berlaku, dengan mana ketentuan lainnya dari Syarat dan Ketentuan ini akan tetap berlaku sepenuhnya.
19.6. Syarat dan Ketentuan ini dapat diterjemahkan ke bahasa asing lainnya selain Bahasa Indonesia yang disediakan oleh Kami. Terdapat kemungkinan bahwa beberapa bagian dalam Syarat dan Ketentuan ini memiliki arti, maksud, atau pengertian yang berbeda ketika diterjemahkan ke bahasa asing lainnya. Apabila terdapat perbedaan penafsiran antara versi Bahasa Indonesia dan versi bahasa asing, maka versi Bahasa Indonesia yang akan berlaku dan Anda dianjurkan untuk merujuk kepada versi Bahasa Indonesia.

20. Kontak Kami

Dalam hal Anda mengalami kendala selama menggunakan Platform, termasuk namun tidak terbatas pada aduan terkait Produk dan kewajiban Pemilik Toko Online, Anda dapat menghubungi kami melalui Nomor WhatsApp +62 898-4823-333. Kami akan memberikan upaya terbaik Kami untuk membantu Anda menyelesaikan setiap kendala yang Anda alami. Agar Kami dapat meningkatkan layanan Kami, seluruh korespondensi antara Anda dengan Kami dapat Kami catat atau Kami rekam.